Wali Kota: Penggunaan Kartu Pelanggan LPG 3 Kg  Pendistribusian Tepat Sasaran dan Tepat Harga

Wali Kota: Penggunaan Kartu Pelanggan LPG 3 Kg Pendistribusian Tepat Sasaran dan Tepat Harga

Tanjungpinang, jurnalkota.id

Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, kembali menyerahkan daftar nama penerima Kartu Pelanggan Gas LPG 3 Kg bersubsidi bagi Rumah Tangga Sasaran (RTS), dan Usaha Mikro di wilayah Keluarahan Tanjung Ayun Sakti, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (25/1/2021).

Penyerahan kartu pelanggan tersebut dilakukan di tiga pangkalan di kelurahan Tanjung Ayun Sakti, yaitu  pangkalan Rosy, jalan Kartika No.88, RT.3/RW.12, pangkalan Asdin, jalan Menteng No.7C, RT.8/RW.12, dan Yana di jalan Gatra No.10, RT.2/RW.1.

Wali Kota Tanjungpinang memastikan dengan berlakunya kartu pelanggan Gas LPG 3 Kg ini, pendistribusian dan penggunaan LPG 3 Kg di pangkalan tepat sasaran dan tepat harga.

“Dengan berlakunya kartu ini, tidak ada lagi warga saya yang antre untuk mendapatkan haknya. Karena sudah tersedia di pangkalan sesuai daftar nama yang tertera di kartu tersebut,” kata Rahma.

Implementasi kartu ini juga, lanjutnya, menjamin agar tidak terjadi penjualan di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp18.000 per tabung.

“Saya imbau seluruh pangkalan menjual elpiji 3 kg  sesuai HET. Tidak boleh di atas itu. Bila kedapatan ada pangkalan yang menjual di atas harga itu, kita beri sanksi, mulai dari teguran tertulis pertama, kedua, hingga penutupan,” tegas Rahma.

Menanggapi keluhan jumlah tabung gas yang diterima usaha mikro, Rahma menuturkan untuk usaha mikro menerima 9 tabung per bulan itu sudah sesuai aturan, bahwa asetnya Rp 50 juta di luar tanah dan bangunan yang di tempati UMKM. Sedangkan omzet nya Rp300 juta per tahun.

“Kalau dihitung per bulannya lebih kurang Rp25 juta. Bilamana ada UMKM memakai 20 atau 30 tabung per bulan. Saya rasa omzetnya sudah melebihi ketentuan dari Rp300 juta per tahun,” sebutnya.

Menurut Rahma, Pemko membantu sesuai dengan regulasi. Karena, kita ketahui kuota yang diberikan pertamina itu sudah cukup, bahkan lebih dari cukup.

“Namun, yang menjadi pertanyaan kita, selama ini elpiji 3 kg itu ke mana?. Karena dari hasil pantauan kita ada yang tidak berhak memakai elpiji 3 kg. Untuk itu, kita utamakan bagi yang berhak menerima. Mengenai kekurangan itu, tentu akan kita tinjau, karena aturan yang kita pakai ini bukan tanpa kajian,” tuturnya.

Sementara, Hera (46), warga RT. 001/RW.011, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, yang sehari-hari menjual gorengan mengaku senang dengan adanya program kartu pelanggan elpiji 3 kg ini. Menurutnya, program ini sangat bagus agar pendistribusiannya lebih teratur, tepat harga, dan tepat sasaran.

“Alhamduliah, kalau pemakaian untuk usaha saya 9 tabung per bulan itu cukup. Kami bersyukur, dengan adanya kartu ini, saya tidak perlu antre lagi seperti dulu. harganya pun sesuai,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah penerima kartu pelanggan elpiji 3 kg di pangkalan Rosy, jalan Kartika No.88, RT.3/RW.12 sebanyak 24 RTS dan 17 usaha mikro, pangkalan Asdin, jalan Menteng No.7C, RT.8/RW.12, sebanyak 18 RTS dan 9 usaha mikro, dan pangkalan Yana di jalan Gatra No.10, RT.2/RW.1, sebanyak 97 RTS dan 18 usaha mikro.
Sumber  Diskominfo

Editor : Antoni

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

About Jurnal Kota.id

Portal berita yang menyajikan informasi aktual, fakta dan terpercaya. Lahir dengan moto “Bicara Sesuai Fakta”. Keseimbangan dalam menyajikan realita dengan Cover Both Side. Disajikan dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat dan referensi untuk para pengambil keputusan.

Media Jurnal Kota terbit dalam bentuk cetak dan media online. Untuk pemasangan iklan cetak dan online dapat menhubungi (021) 54331420

Penerbit : PT. Media Tiga Serangkai
Rukan Gading Kirana Blok D 6 No. 32 Kelapa Gading Jakarta Utara 14240
Telp. (021) 45874085 Fax. (021) 45878796
jurnalkota03@gmail.com / jurnalkota2020@gmail.com

Jurnal Kota.id
(021)45874085

Mobile : 081218881273 –
jurnalkota03@gmail.com – juralkota2020@gmail.com